Kendaraan Dinas Aset Pemprov Banten Senilai 25,5 Milyar Hilang

0

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten Rina Dewiyanti mengaku telah menelusuri ratusan kendaraan dinas yang dinyatakan hilang. Hasil identifikasi, ada yang dipinjamkan hingga dikuasai pihak ketiga.

Tiga OPD yang aset kendaraan dinasnya tak diketahui tersebut diantaranya, Sekretariat DPRD Banten sebanyak 6 unit, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten 18 unit dan Sekretariat Daerah Banten 187 unit dengan total nilai aset capai Rp25,5 miliar.

Persoalan hilangnya ratusan kendaraan ini menjadi temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atas keuangan Pemerintah Provinsi Banten. 
Rina mengungkapkan hasil identifikasi ratudan kendaraan dinas yang dinyatakan hilang itu terdapat kendaraan yang di pinjampakaikan kepada instansi vertikal.Kemudian, beberapa kendaraan yang sudah ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur tentang penghapusan dan duplikasi data belum diperbaharui pada catatan Kartu Inventaris Barang (KIB B) Peralatan dan Mesin.”Beberapa kendaraan masih berada dalam penguasaan pihak ketiga. Beberapa kendaraan dalam keadaan rusak berat, masih tercatat dalam KIB,” kata Rina saat dikonfirmasi, Selasa (28/5/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *